Rabu, 07 Agustus 2019

Tiap Tahun Ribuan Pasien RI Berobat ke Singapura, Sepertiganya Karena Kanker

Bukan rahasia jika beberapa masyarakat Indonesia lebih pilih untuk berobat ke luar negeri, misalnya ke negara tetangga Singapura. Ada beberapa jenis fakta di baliknya, dari mulai tehnologi sampai sekaligus wisata.

Di satu diantara rumah sakit terpenting di Singapura, Mount Elizabeth Hospital, disebut sepanjang 2018 lalu tertera ada lebih dari sepuluh ribu pasien asal Indonesia. Paling tidak ada beberapa ribu pasien hadir berobat tiap bulannya. CEO Mount Elizabeth Hospital, Dr Noel Yeo, menyebutkan sepertiga dari pasien asal Indonesia berobat atas aduan berkaitan kanker.



"Seputar seribu pasien dalam satu bulan. Saya tidak paham tentunya penyakitnya apa tetapi paling tidak sepertiga dari mereka hadir sebab permasalahan berkaitan dengan kanker. Beberapa hadir cuma untuk cek up, pastikan tidak ada rekurensi atau kekambuhan, atau untuk scan.

Penyakit yang seringkali diatasi di rumah sakit itu ialah kanker. Tempati posisi pertama ialah kanker kolorektal untuk pria, lalu dibarengi dengan kanker paru dalam jumlahnya yang lumayan banyak juga.

Kanker payudara serta kanker rahim tempati dua kanker paling atas seringkali diketemukan pada wanita yang hadir berobat ke Mount Elizabeth Hospital. Bertepatan dengan penyakit berkaitan jantung jadi penyakit nomor dua paling banyak, kedua-duanya mengonsumsi seputar 60-80 % pasien yang diatasi di Mount Elizabeth.

Kanker jadi satu diantara permasalahan besar di dunia. Diuraikan oleh Dr Noel, tidak hanya merokok, makanan yang kita makan sangat punya pengaruh sebagi pemicunya. Seperti makanan olahan, berpengawet serta kebanyakan kandungan kimia.

"Yang belakangan ini ialah insektisida, makanan ada insektisida. Ayam yang kita makan disuntik, sapi disuntik, ya supaya mereka kelihatan lebih gemuk. Kimia-kimia yang kita makan itu berperan untuk menyebabkan kanker (karsinogen), karena itu masalah kanker terus naik," tandas Dr Noel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar