Jumat, 11 September 2020

Yuk, Kenali 4 Tahapan Pemulihan Pasien Pasca Operasi

Menjalani operasi karena suatu penyakit tertentu tidak hanya memberikan efek saat operasi itu sendiri. Melainkan proses pemulihannya pun kerap memberikan efek kesehatan untuk pasien. Hal ini terjadi dalam beberapa tahapan yang bisa dialami oleh pasien pahami. Lamanya proses pemulihan bergantung pada dua hal, yaitu kondisi pasien dan tindakan medis yang dilakukan. Oleh karena itu, sebelum melakukan operasi, Anda perlu memahami serta mengetahui beberapa tahapan pemulihan pasca operasi. Di samping itu, sewa alat suction pun bisa dilakukan guna menunjang proses pemulihan pasien saat diperbolehkan pulang ke rumah. Anda bisa mendapatkannya di https://homecare24.id/layanan/sewa-alat yang memiliki alat berkualitas dan terpercaya.



4 Tahapan Pemulihan Pasien Pasca Operasi

1. Efek anestesi (bius) mereda

Setelah dokter dan tim medis lainnya selesai melakukan operasi, pasien tidak bisa langsung dibawa ke ruang perawatan. Jika Anda pernah menjalani operasi, mungkin sudah tidak asing dengan ruang transisi. Ruangan ini khusus dijadikan tempat pemantauan ketika pasien sudah mulai sadar dari efek bius. Apabila pasien telah sadar sepenuhnya dari pembiusan, maka selanjutnya tim medis akan membawanya ke ruang perawatan.

2. Rasa nyeri pasca operasi

Ketika pasien dibawa ke ruang perawatan, umumnya efek anestesi sudah hilang sepenuhnya. Saat itulah Anda sebagai pasien akan mengalami rasa sakit pasca operasi karena obat bius sudah tidak berpengaruh lagi. Rasa nyeri tersebut biasanya muncul di beberapa area tubuh tertentu.Tim medis akan menangani hal tersebut dengan pemberian obat pereda nyeri sesuai kebutuhan. Namun, Anda perlu meminimalisir pergerakan agar tidak meningkatkan rasa sakit. Bahkan di beberapa kasus, batuk kecil saja bisa menyebabkan infeksi pada luka pasca operasi. Oleh karena itu, pasien biasanya dianjurkan istirahat total ketika dalam proses pemulihan.

3. Luka jahitan mulai mengering

Luka bekas jahitan pasca operasi perlahan mulai mengering dan pulih. Komplikasi mungkin akan dirasakan pasien karena beberapa tindakan medis yang dilakukan. Efek komplikasi bisa berbagai macam, salah satunya berupa pendarahan. Bahkan, beberapa pasien mengalami pembengkakan di area bekas jahitan operasi mereka. Seperti yang dilansir dari detikHealth, penanganan luka jahitan tersebut harus ditangani dengan tepat dan alangkah baiknya ganti perban luka secara berkala agar tidak menimbulkan infeksi.

4. Istirahat di rumah

Pemulihan operasi di rumah sakit biasanya dipantau dalam 3-6 hari ke depan. Apabila dalam waktu tersebut pasien tidak mengalami masalah yang berarti, biasanya dokter akan memperbolehkan pasien pulang dan beristirahat di rumah. Namun demikian, kondisi pasien pasca operasi memang bisa berbeda-beda satu sama lain dan tidak bisa disamakan. Oleh karena itu, hanya dokter operasi sajalah yang bisa memutuskan kapan pasien bisa kembali ke rumah. Setelah kembali ke rumah, biasanya proses pemulihan masih berlanjut dalam beberapa hari ke depan sampai benar-benar sembuh.

Memahami tahapan pemulihan pasca operasi memang penting dilakukan, baik bagi pasien itu sendiri maupun anggota keluarganya. Khususnya bagi pasien yang baru saja menjalani operasi besar. Tentunya, penanganan yang tepat akan sangat membantu proses penyembuhan pasien menjadi lebih cepat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar