Rabu, 28 April 2021

Pemula, Ini Panduan Aman Menggunakan Mobil untuk Kegiatan Offroad

Mengapa orang suka pergi offroad? Melewati jalanan jelek, kotor, dan berlumpur yang pastinya membuat tidak nyaman serta mobil menjadi kotor. Anda yang tidak menyukai kegiatan ini mungkin berpikir begitu. Tetapi bagi pencintanya, offroad merupakan kegiatan yang sangat menarik dan membuat ketagihan. Apalagi, dengan adanya promo Mitsubishi Pajero di mana mobil tersebut nyaman digunakan di semua medan, baik offroad maupun jalan perkotaan.


Sebenarnya, ada berbagai alasan mengapa offroad sangat menarik, yaitu: tantangan melintasi alam liar dengan kendaraan kesayangan, bebas melakukan apa yang Anda suka selama tidak merusak alam, dan saling bekerjasama ketika menemui suatu masalah. Nah, jika Anda belum pernah mencobanya dan tertarik untuk mencobanya, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

·         Memilih medan offroad 

Medan offroad bukan sekadar berat dan menantang. Sebab, jalur ini terbagi ke dalam beberapa jenis yang harus Anda ketahui, antara lain fun offroad, speed offroad, extreme offroad, touring offroad, dan adventure offroad. Mengetahui karakteristik jenis offroad membantu Anda mengenali tipe mobil yang harus dipilih dan menyesuaikannya dengan kemampuan berkendara. Jadi, Anda terjun ke medan offroad bukan asal nekat atau mengejar trend semata.

·         Menguasai teknik berkendara

Berkendara di medan offroad sangat mengandalkan kehati-hatian. Mengemudi dengan rileks dan pelan sangat direkomendasikan kalau ini jadi pengalaman pertama Anda menelusuri medan offroad. Perhatikan juga situasi dan kondisi area yang akan dilewati. Sebagai contoh, saat menyeberangi sungai, pastikan kedalaman dan deras aliran di lintasan tersebut. Dengan begitu, Anda akan tahu bagaimana cara melewatinya tanpa merusak kendaraan.

·         Memperhatikan aspek keamanan 

Mobil-mobil yang dikhususkan untuk offroad umumnya sudah dilengkapi fitur-fitur keselamatan seperti Hill Descent Stability Control (ESC) untuk mencegah mobil kehilangan kontrol saat tergelincir dan Hill Launch Assist (HLA) yang membantu mobil menahan beban saat berhenti di tanjakan. Masing-masing produsen menyertakan spek keamanan berbeda, sehingga perlu Anda periksa agar sesuai medan dan jenis offroad yang dipilih.

·         Menyiapkan bahan bakar cadangan

Hal berikutnya yang harus Anda siapkan adalah bahan bakar cadangan mengingat nanti tak ada SPBU yang bakal dijumpai. Selain itu, pastikan Anda mengisi tangki bahan bakar sebelum terjun ke medan offroad. Langkah tersebut bertujuan untuk menjaga performa mesin kendaraan. Kalau bahan bakar habis saat Anda menanjak atau menuruni area yang terjal, kendaraan pasti akan sulit Anda kendalikan karena sumber energinya habis.

·         Menjadi anggota komunitas offroad

Kegiatan offroad memang lebih seru kalau dilakukan secara berkelompok. Anda yang memerlukan rekan berkendara atau membutuhkan panduan dapat menjadi anggota komunitas offroad. Cukup mudah menemukan komunitas ini, sebab tersebar di hampir semua kota besar di Indonesia. Bersama komunitas, Anda dapat bergabung saat mereka menyelenggarakan komunitas offroad, kopi darat untuk diskusi, atau mengikuti pertemuan dengan komunitas dari kota lain.

Anda yang masih pemula memang lebih disarankan ikut komunitas atau mengajak yang sudah berpengalaman. Pasalnya, keselamatan dan keamanan Anda masih riskan, termasuk saat membawa mobil ke area offroad. Semoga panduan di atas berguna untuk Anda, ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar